Sederhana Tapi Bermakna

Hai hallo blohher blohher fenominil sealam sejagat seraya semesta~

Siapa disini yang suka nonton youtube? Cuuuuung! *ikutan ngacung* – Iya, saya juga suka nonton youtube. Ada banyak pilihan video yang disuguhkan dan diantara video-video itu semua, tentu ada banyak video yang bermanfaat.

Perihal manfaat bagi setiap orang tentu berbeda-beda. Yang menurut kita bermanfaat, belum tentu kata orang lain. Begitupun sebaliknya. Di tulisan ini saya mau share beberapa akun youtube yang menyuguhkan video-video sederhana tapi bermakna. Ceilah.

youtube-drawing
Sumber

Dunia Manji

Pemiliknya adalah Anji, mantan vokalis Drive yang sekarang bersolo karir. Kenapa saya suka dengan video nya? Karena Anji mengenalkan parenting ala Anji, membahas hal-hal yang sedang booming, mengeluarkan opini nya dengan sederhana, santai, dan tentu tidak memaksakan penontonnya untuk sama seperti dia. Anji juga mempengaruhi saya – sebagai lulusan psikologi – bahwa keluarganya bisa dicontoh.

Saya tidak menyarankan semua keluarga harus seperti keluarga Anji. Saya tidak menjadikan Anji dan keluarga sebagai panutan juga, tapi ada beberapa hal yang bisa dijadikan pelajaran buat saya atau kalian yang menontonnya. Anji menularkan hangatnya cinta di sebuah keluarga, Anji mengenalkan bahwa seluruh video nya bisa di akses oleh semua usia, Anji juga mengajak siapapun untuk tetap tersenyum setiap hari nya.

Iya, tagline setiap video nya Anji adalah ; jangan lupa senyum hari ini.

Soleh Solihun

Ada yang kenal Soleh Solihun? Mungkin sebagian orang mengenal nya sebagai komedian, sebagian lagi mengenalnya sebagai penyiar radio, atau bahkan ada yang mengenalnya sebagai wartawan. Tenang… Gak cuma itu, selengkapnya tentang Kang Soleh bisa dibaca di wikipedia ini. Klik aja sendiri. Yaiya masa ramean.

Saya udah lama jadi follower twitternya. Isi tweet nya gak neko-neko dan kadang doi suka bahas sesuatu yang menarik. Tapi akhir-akhir ini saya lagi suka video-video nya di youtube dengan tema “The Soleh Solihun Interview” – yang terkenal dengan kualitas video yang buruk tapi kualitas konten yang sangat bagus.

Kok kualitas video nya buruk? Emang. Liat aja sendiri. Kang Soleh cuma modal kamera handphone, beberapa pertanyaan untuk belasan sampai puluhan menit, save tanpa editan, dan posting! Saya ingin ngatain Kang Soleh sinting tapi takut dosa. Duh euy hampura Kang.

Terus kontennya bagus? Buat saya sih iya. Kang Soleh seperti memberikan video QnA tanpa script dan editan. Pertanyaannya begitu saja keluar dari mulutnya. Bahkan di salah satu video nya pun, beliau ngaku kalau “The Soleh Solihun Interview” ini untuk mengasah kemampuan dan jiwa wartawannya. Ashek.

Anyway, dibawah sini ada salah dua video yang interview nya paling saya suka. Mungkin karena narasumbernya memberikan jawaban menarik kali ya. Ya walau sayangnya, views nya gak sebanyak video lainnya (mungkin narasumbernya dianggap gak terkenal) – entah. Saya saranin kalian nonton, dan semoga memberikan pengetahuan tambahan. Ehehe~

Gofar Hilman

Ada yang tahu Gofar Hilman? Saya cuma sebatas tahu kalau Gofar Hilman adalah pemilik akun twitter @pergijauh yang kadang suka ngetweet hal-hal seru. Tapi saya tahu nya udah lama dan cukup sampai disitu aja.

@pergijauh diambil dari nama dia, Go (pergi) dan Far (jauh) maka, terbitlah nama twitter itu. Semudah itu, geng. Tapi, lagi-lagi, saya cuma tau sampai disitu aja.

Nah, kemarinan temen saya ngasih tau katanya saya mesti nonton video-video berupa opini dan pemikiran dari youtube nya Gofar Hilman. Akhirnya saya coba nonton dua video dan ternyata isinya cukup menarik. Enaknya lagi, durasi videonya gak terlalu panjang jadi pembahasannya pun singkat, padat, dan jelas. Video opini Gofar memang tergolong sedikit dibandingkan vlog nya, semoga aja kedepannya ada lagi video yang akan dibahas lewat opini dia ya~

Nah, dibawah ini ada dua video opini dari Gofar Hilman, yang bisa banget kalian tonton.

Film Maker Muslim

Mengenal Islam tanpa digurui? Mengenal diri sendiri tanpa dipaksa orang lain? Mengenal rasa syukur yang kadang kita lupa? Mungkin video-video dari Film Maker Muslim bisa jadi jawabannya. Mungkin saya terlalu dini buat memuji dan berkata demikian, tapi… begitulah nyatanya.

Setahun lalu, waktu saya masih patah hati – yang dimana patah hatinya kelamaan. Salah satu yang bikin saya sadar adalah video-video nya mereka. Iya, ada banyak video yang bikin saya nangis. Ada banyak video yang bikin saya ngerasa “iya ya.. kok saya ndak gitu” dan masih banyak perasaan campur aduk lainnya.

Saya, jarang banget nemu akun youtube yang mau berdakwah dengan cara seperti ini. Film Maker Muslim mengemas banyak video menjadi menarik ; dari konten, cahaya, pengambilan gambar, bahkan dialog yang dipakai. Apalagi mereka membuat Film Pendek Inspirasi – yang beneran menginspirasi. Harus saya akui demikian, karena dari banyak video nya saya menjadi lebih sadar akan banyak hal – apalagi perihal agama – untuk diri saya sendiri.

Nih ada dua video yang dikemas menjadi film inspirasi ala mereka. Jangan cuma nonton dua video ini, video lainnya bisa banget kalian tonton!



KEYFAIN. Mungkin itu dia empat akun youtube yang menurut saya video nya ada manfaatnya, walau misal ndak semua, walau misal ndak banyak. Pokoknya sederhana tapi bermakna lah~ Eits, tapi bukan berarti akun youtube lainnya gak bermanfaat dan kontennya gak bagus. Banyak banget youtuber yang berkualitas kok diluar sana. Saya cuma share yang menurut versi saya, kontennya bisa diambi hikmah dan hidayahnya (apaan) hahaha.

Balik lagi perihal manfaat, kalau ternyata menurut kalian video-video nya gak bermanfaat, gak masalah. Semuanya tergantung selera kalian dan pemahaman diri kita sendiri. Karena bisa aja ada video yang kontennya bagus tapi otak kita ndak nyampe sana. Atau, ada juga video yang menarik dari banyak sisi tapi video nya bukan selera kalian.

Kalau kalian, ada rekomendasi akun youtube yang sederhana tapi bermakna gak? Boleh share di kolom komentar ya! Buat yang udah nonton video-video di antara empat akun youtube diatas juga boleh nulis komen nya dibawah~

Btw, bahas video mulu, kalau cari seseorang yang sederhana tapi bermakna dimana ya?

45 Comments

  1. mysukmana

    November 24, 2016 at 6:23 pm

    Ane suka youtuban kalo dikantor…bohler bohler kece kudu liat utube…Yusuf mansur tp hehehe

    1. fasyaulia

      November 25, 2016 at 12:34 pm

      Wah papaku suka yutuban yusuf mansur tuh hehehe

  2. nyonyasepatu

    November 24, 2016 at 7:04 pm

    Belon ada yg ditonton semuanya. Si Adji itu paling liat di explore IG aja

    1. fasyaulia

      November 25, 2016 at 12:34 pm

      Lagi hits ya Anji itu, jadi suka muncul di explore IG hahaha

  3. kunudhani

    November 24, 2016 at 7:13 pm

    siapa ya? klo buat aku ga ada akun yutub tertentu, cuma sapapun/apapun akun itu itu klo ngajarinnya ke arah kebaikan, ndak kebanyakan pamer materi, kontennya berbobot, gak ada bahasa kebun binatangnya, biasanya aku selalu nonton

    1. fasyaulia

      November 25, 2016 at 12:35 pm

      Oke semua yang kamu jelaskan bisa ditonton dari video diatas šŸ˜›

  4. Bondan Murdani

    November 24, 2016 at 7:24 pm

    sukanya nonton you tube di kantor karena ada wifi heheh tentunya waktu istirahat, .. cinta subuh, bayu skak ,, jawel in the palace

    1. fasyaulia

      November 25, 2016 at 12:36 pm

      Aku juga kadang nonton Bayu Skak hehehe tapi belum suka2 banget sih

  5. Agfian Muntaha | @Ianfalezt

    November 24, 2016 at 8:59 pm

    Yang udah aku tonton cuma dunia manji. Yang lain-lain sepertinya menarik, nonton ahh, haha….

    1. fasyaulia

      November 25, 2016 at 12:37 pm

      Menarik banget Ian, harus nontooon~

  6. edo

    November 24, 2016 at 10:12 pm

    Yutup yutup lebih dari tipi, eaa hahaha. Iya mba Fasya samaan gue juga doyan youtube-an kadang suka khilaf kuota dari 12 giga sisa 4 giga hahaha.

    Langsung meluncurr ke video interview kang soleh hehehe

    1. fasyaulia

      November 25, 2016 at 12:38 pm

      Yutub sama tipi sama ae. Materi tipi kadang nyomot dari yutub, materi yutub kadang isinya ulangan acara tipi. Hahaha

      Jangan pake kuota Do, pake wifi biar bebassssssh~ eh iya, video interview Kang Soleh ntaphs tuh, monggo nonton!

      1. edo

        November 25, 2016 at 12:56 pm

        Iya mba itu claimnya si bang alek dan koloni nya hahaha..
        Kalo gue “ig-ig lebih dari path” *maksa banget* šŸ˜…

        Iya mba uda nonton semalem, keren semua. Tapi yg paling inget ternyata gundulnya kang Maman itu karena nazar ya, sebagai bentuk syukur rontoknya rezim narasi tunggal bahaha.. momen begini langkah nih untuk keluar di tipi haha

  7. ahjummah

    November 25, 2016 at 10:13 am

    Nontonnya nanti saja, yang penting komen dulu… hehehehe
    kalau sih mah buka youtube sukanya nonton pengajian… uhuk! :p

    1. fasyaulia

      November 25, 2016 at 12:39 pm

      Pembohongan publik ya anda ini hahahahahahaha *cubit*

  8. ketikyoga

    November 25, 2016 at 1:01 pm

    Wah, selera kita sama banget ya, Teh. Gue di antara itu semua paling suka yang Gofar. Sekuts abesss! :))

    Kalau nonton Film Maker Muslim bikin aku pengin cepet nikah. Wqwq.

    1. fasyaulia

      November 27, 2016 at 4:36 pm

      Aku sih yang Gofar cuma nonton video opini nya aja, vlog dan yang lainnya beluman sukak hehehe

      Ducccc iya nonton film maker muslim mah bikin ingin cepet halal, moga deh segera šŸ˜› šŸ˜›

      1. ketikyoga

        December 10, 2016 at 7:17 pm

        Iya, maksudku yang opini juga. Aamiin ya, Teh. Tulisan belum ada yang baru? Aku bolak-balik ke sini, sama aja. šŸ™

        1. fasyaulia

          December 11, 2016 at 6:42 pm

          HAHAHAHAHAHA maapkeun šŸ˜›

  9. Gustyanita Pratiwi

    November 25, 2016 at 9:32 pm

    Duniamanji sih yg sering seliweran dishare , tapi aku ga gitu mengamati dunia yutub fasyyy…akumah fakir kuotah wkwkwkkw
    Paling klo yutub suka ngamatin film doang, klo konten vlogger bloman cintak
    Secara aku lebih suka membaca kata kata ketimbang mendengar dan melihat visual hahhahaha

    1. fasyaulia

      November 27, 2016 at 4:34 pm

      Aku sih anaknya butuh wifi dimanapun, jadi yaa begitulah wkwkwk

      Oiya bener mba Nit mah merhatiin pilem aja, udah cocok banget kan šŸ˜€

  10. abri

    November 26, 2016 at 8:50 am

    mmm beginu xob okeylah geng

  11. Penunggang Badai

    November 26, 2016 at 3:17 pm

    Baru tau ada Film Maker Muslim. Keren ya sya!

    Selain channel yutup yg barusan disebutin, ternyata postingannya juga bermanfaat. Ntap!

    1. fasyaulia

      November 27, 2016 at 4:32 pm

      Keren nget Taaa, wajib nonton deh pokoknya hehehe.

      Alhamdulillah ye postingan aku ada mangpaatnya. Terharu :'(

  12. Dila

    November 28, 2016 at 5:16 am

    Penutupnya pesan sponsor banget yaaaa adeque fasyaaaa… eaa šŸ˜‚šŸ™ˆ. Eh, aku suka youtuban tapi semenjak pindah rumah, fakir wifi cyiiin.. cm ngandelin data yang beli per bulan, dipake youtuban ngenesss ntar cepet abis #problem. Btw, aku gak suka nonton vlog loh, tapi kalo nonton SOUNDWAVE langsung keranjingan. Pokoknya kata aku YES! Nggak tau mas Anang…

  13. helga

    November 29, 2016 at 11:16 pm

    Setahun lalu, waktu saya masih patah hati ā€“ yang dimana patah hatinya kelamaan.

    aw!

  14. ghozaliq

    November 30, 2016 at 8:09 am

    sekarang nonotn tipi komersil aja isinya nyomot dari youtube,

    btw, berminat bikin vlog juga kan?

    1. fasyaulia

      November 30, 2016 at 6:38 pm

      Iya, jadi utub dan tipi banyak yang isinya sama yakan hahaha.

      Udah bikin vlog mas, tapi gak serius2 banget sih, untuk tambahan dokumentasi blog sebelah aja šŸ™‚

  15. zaenudin

    December 1, 2016 at 10:11 am

    saya sudah nonton film maker muslim yang cinta subuh.. ceritanya sederhana tapi memang menginspirasi saya.

    1. fasyaulia

      December 7, 2016 at 1:16 pm

      iya bagus ya, sederhana dan diambil dari kejadian sehari2 šŸ˜€

  16. udafanz

    December 1, 2016 at 1:51 pm

    Dari channel yang kamu sebutkann di atas, aku cuma rutin nontonin chanel shaleh solihun. Film maker muslim kadang. Ghofar juga pernah sih.

    Untuk sholeh solihun, aku nonton sejak pertama, trus vakum agak lama kan ya. Aku suka sekali sama interview2 yang dilakukan sama kang Sholeh. Ya, walaupun dari segi pengambilan gambar ala kadarnya, tapi pertanyaan2 yang diajukan oleh kang sholeh sama narasumbernya kadang di luar dugaan. Hahaha

    Selain itu aku suka nonton DOES-nya Erix Soekamti. Apalagi yah, selain itu cuma suka nontonin channel2 review gadget. Hahaha

    Udah lama ga komen di sini, sekalinya komen jadi panjang. Maap ya, Fasy. :))

    1. fasyaulia

      December 7, 2016 at 1:22 pm

      Soleh Solihun gakboleh kelewat banget ya emaaang hahaha. Aku sih gak terlalu ganggu sama gambar yang apa adanya, biar aja dia tetep jadi dirinya sendiri dengan ciri khas “viewers kecil, muka gede” šŸ˜€ kamu gitu gak Uda?

      Aku pernah nonton DOES nya Erix Soekamti tapi belum suka2 banget sih, karena video nya banyak banget kalik ya hahaha entahlah jadi aku mau ngikutin berasa ketinggalan gitu.

      Gakpapa atuh mau komen panjang juga, aku sih seneng2 aja Udaaa. Makasih udah main2 ke blog receh ku ehehehe

  17. Yoganteng

    December 1, 2016 at 3:27 pm

    Woooghh gue juga suka nonton yutubnya soleh solihun. Tanpa editing gitu keren aja berarti gak jaim haha.

    Sebenernya gak terlalu suka nontonin yutub kecuali lagi di tempat yang free wifi. Kuotaku. :((

    1. fasyaulia

      December 7, 2016 at 1:24 pm

      Yoiii, ketolong sama interview nya yang menarik ya. Hahaha sini kerumah ku biar free wifi, asal bawa martabak aja. Eaaa

  18. Leli

    December 6, 2016 at 2:09 pm

    Aku barusan denger wawancara soleh solihun ke pak Maman suherman..
    Malah dapet banyak pelajaran semi quotes

    “Kejahatan itu bukan karena banyaknya orang yang jahat, tapi banyak nya orang yang diam melihat kejahatan dan membiarkan itu terjadi”

    Era wartawan masa kini :
    Katanya dengan Nyatanya di campur aduk
    Tidak pernah melakukan verifikasi
    Kecepatan lebih penting daripada ketepatan

    dan tentang
    Guru pertama adalah orang tua :’)

    True sih.

    Bener bagus ..
    dan aku baru tau

    Biasanya liat video make up make up aja.
    hahaha

    Soal pergi jauh juga baru tau. Kalau cinta subuh mah udah lama nonton šŸ˜€

    1. fasyaulia

      December 7, 2016 at 1:26 pm

      Leli anak quotes sejati. Mantep ya wawancaranya. Belajar banyak dari situ šŸ™‚

      Cieeee nonton video makeup, mana atuh bukti nyatanya liatiiiin. Aku mah liaaat hasilnya hahaha

  19. cumilebay.com

    December 7, 2016 at 11:29 am

    Gw kalo mau tidur ngeyutup dulu ngabisin kuota, yang gw tonton juga ngak jelas hahaha

    1. fasyaulia

      December 7, 2016 at 1:26 pm

      Kadang aku juga gitu mascum hahaha

  20. bersapedahan

    December 10, 2016 at 2:12 pm

    saya termasuk jarang yutuban …
    baca blog ini .. allhamdulillah jadi tambah wawasan, banyak hal yang menarik dan hal positif yang bisa kita ambil … kapan2 mau juga bikin vlog ah

    1. fasyaulia

      December 11, 2016 at 6:44 pm

      Deuh Alhamdulillah ya, tulisanku bisa buat nambah wawasan hahaha. Ayo kang ngevlog tentang lanjalan sepedahnya, nanti ku tonton šŸ™‚

  21. Ivan Sonavia

    December 12, 2016 at 8:05 am

    Saya juga suka yutupan setiap hari, dan dari semua video yang disebutkan di sini… Belum nonton satu pun. XD

    Paling suka buat streaming lagu aja.

    Baca artikel kamu jadi tertarik nonton mas Soleh nih.

    Benar-benar sederhana tapi bermakna šŸ™‚

    1. fasyaulia

      December 13, 2016 at 3:34 pm

      Iya coba nonton video yang Mas Soleh, seru2 interview nya hehehe

Leave a Reply

%d bloggers like this: