Nyunda Tapi Ngejazz

Hallooo!

Ada yang tahu solois perempuan dari Bandung namanya Yura Yunita? Mojang Bandung ini jebolan ajang The Voice Indonesia tahun 2013. Yura ini punya suara keren dan sejak tahun 2014 Yura dipilih sebagai ambassador dari portal #MusikBagusIndonesia atau #MusikBagusINA (cek tagar di twitter) yang diciptakan oleh Glenn Fredly yang juga menjadi executive produser dari album Yura. Beberapa penghargaan yang didapet Yura adalah menerima banyak nominasi dari ajang musik, album nya pun masuk menjadi 6 besar album Indonesia terbaik versi Rolling Stone Indonesia, dan yang terbaru Yura masuk ke International Java Jazz Festival 2015.

Yura mulai booming sejak lagu Cinta dan Rahasia yang dinyanyikan bersama Glenn Fredly dan lagu Berawal dari Tatap yang video nya dapat kunjungan 8 juta sekian. Pertama kali saya dengerin lagu-lagunya Yura itu di tahun 2014 yang di putar di salah satu radio di Bandung, kemudian saya mulai nyari-nyari gigs nya. Di tahun yang sama, Yura ngadain konser perdana di Bandung dan saya excited pas tau ada konser Yura. Akhirnya beli tiket lah sama si anu. Tapi eh tapi…… pas hari H malah batal nonton konser padahal tiket udah di tangan. Batal karena apa? Berantem sama si anu. Skip.

Selain lagu Cinta dan Rahasia atau Berawal Dari Tatap, lagu-lagu Yura yang lain pun enak di dengar buat saya. Tapi di antara banyak lagu Yura, ada salah satu lagu yang unik dan berkesan buat didengarkan. Judulnya Kataji dan ini adalah lagu berbahasa sunda. Untuk saya, Kataji sebagai lagu sunda pertama yang easy listening dan bikin happy. Lagu Kataji dikemas dengan musik jazz yang punya kekuatan “gakpapa gak tahu artinya yang penting lagunya asik”. Entah sih, tapi itu adalah komentar yang paling sering saya tahu untuk lagu ini.

Kalian boleh coba dengerin dulu lagu nya dibawah sini. Video pertama, Yura nyanyiin live di konser perdana nya. Video kedua, lirik video dari lagu kataji.

Kataji sendiri punya arti terpesona atau terpikat. Jadi lagu ini menjelaskan tentang perasaan suka seorang perempuan kepada laki-laki yang memang benar-benar memikat hati. Tapi si lakik nya cuma mainin perasaan perempuan. Etapi, udah tau lakik nya cuma main-main doang si perempuan tetep aja terpikat. Soalnya lakik ini punya daya pikat yang tinggi dan perempuan-perempuan lain pun emang suka. Yaaa… kurang lebih gitu artinya.

Saya sendiri sebagai orang sunda gak terlalu paham pas tahu ada lagu ini. Selain emang saya nya gak jago bahasa sunda, penggunaan bahasa yang dipake pun supeeeer haluuuus. Kalau ada pilihan bahasa halus dan kasar, ini adalah super halusnya – original. Dan, yang bikin saya seneng adalah ini lagu ciptaan Yura sendiri. Sebagai perempuan dari tanah sunda, dia mau mencoba berkarya tanpa melupakan budaya. Keren!

Lagu Kataji ini dibuka dengan pukulan drum dan denting piano yang mendominasi lagu, sebelum disusul suara Yuraβ€”yang sama sekali tidak mendayu-dayu; menegaskan bahwa Kataji bukanlah sebuah lagu mellow seperti umumnya kita dengar saat sebuah lagu membawa tema tentang pengkhianatan cinta. Sebaliknya, suara tepuk tangan yang berperan sebagai pengisi jeda lagu dan nyanyian memperlihatkan bahwa Kataji justru adalah sebuah lagu tentang guyonan, yang menertawakan kekonyolan diri sendiri karena jatuh hati pada orang yang salah.

So, lagu ini layak banget buat didengerin! Ya, Kataji jadi salah satu lagu baru yang nyentrik dan tentu aja, saya turut bangga karena Yura salah satu musisi dari Bandung. Selamat menikmati!

Sumber tulisan : dari sini dan dari sini

73 Comments

  1. Jejak Parmantos

    March 26, 2016 at 8:22 pm

    Artinya naon? ndak mudeng. Sekilas musiknya teringat intro film2nya james bond

    1. fasyaulia

      March 27, 2016 at 9:47 pm

      Itu ditulisan dijelasin tentang arti lagu ini mas hehehe

    1. fasyaulia

      March 27, 2016 at 9:47 pm

      Iya unik, beda dari yang lain.

  2. febridwicahya

    March 26, 2016 at 9:55 pm

    Aku tau Yura baru beberapa bulan lalu mbak ._. itu aja dari spanduk yang ada dipinggir jalan -_- kirain Yura itu penyanyi jepang ._. ternyata penyanyi indonesia wkwkwkw

    Eh, jadi yang berantem sama si anu nggak diceritain aja nih :p wkwkw

    1. fasyaulia

      March 27, 2016 at 9:49 pm

      Hahaha jepang :)) berantem sama si anu nya kita bahas di belakang aja ya #eaaa

      1. febridwicahya

        March 28, 2016 at 7:53 pm

        Uwuwuw bahaaas dibelakang sama Mbak Fas~ :3

  3. rizasaputra

    March 26, 2016 at 10:33 pm

    Kataji was the first song that I know from Yura, even before Berawal Dari Tatap or Cinta Dan Rahasia. Was searching YouTube for Jazz Sunda (in the hope of finding something like those nice Bossanova Jawa), and stumbled to this song. That was around 2014 if I’m not mistaken.

    Btw, I remember reading (or listening? I forget) somewhere that in her recent interview, Yuka said she will incorporate more Sundanese culture in her future song, mainly through squeezing Sundanese terms/phrases in her songs. Really looking forward to it, and hopefully more people will be kataji by her πŸ™‚

    PS. Sami abdi oge aya opat-lima kecap dina lirikna nu boro-boro terang hartosna, kakara apal aya kosakata kitu dina basa sunda ge nya pas ngadenge laguna :))

    1. fasyaulia

      March 27, 2016 at 9:55 pm

      Abdi mah apal tina lagu balada sirkus heula. Kataji karek apal dina yutub jeung konser na, Kang. Muhun di salah satu acara tipi, Yura teh nyebatkeun bade terus nyieun lagu sunda ala Yura. Ceunaaaah sih kitu.

      Ps : kang, ini bahasa sundanya bener apa engga hahaha aku ngasal aja, tapi mungkin agak kasar πŸ˜›

      1. rizasaputra

        March 27, 2016 at 11:57 pm

        Haha teu kasar da neng, mung pacampur wungkul basa lemes sareng (seueurna) basa loma. Diajar deui jig ka neng Yura :p

  4. Dyah

    March 26, 2016 at 11:09 pm

    Pertama kali dengar suara Yura pas nyanyi Balada Sirkus. Habis itu yang sama Glen, trus Kataji. Lihat live performance di acara Sarah Sechan NET TV… Lagunya nggak mudeng tapi keren…
    Btw dulu pernah ada yang nyunda ngejazz, Trie Utami sama grup Krakatau… Cari aja di internet pasti nemu…

    Sik…sik… Satu lagi. Jadi penasaran sama si Anu? Dia Anupam Kher yang aktor India botak apa Anu Malik yang musisi? Wkwkwk#abaikan πŸ˜€

    1. fasyaulia

      March 27, 2016 at 9:58 pm

      Samaaa aku juga taunya balada sirkus dulu dari radio. Terus nyari tau di yutub deh lagu lainnya hehehe. Wah trie utami dan krakatau, itu mungkin jaman aku masih kecil kali ya πŸ˜›

      Anupam Kher gatau yang mana. Anu Malik juga gatau. Hiks. *googling dulu*

  5. aqied

    March 26, 2016 at 11:59 pm

    Tau Yura karna pas kapan itu manggung bareng frau pas aku lagi seneng senengnya dengerin frau yg “sepasang kekasih yang pertama bercinta di luar angkasa”

    1. fasyaulia

      March 27, 2016 at 10:00 pm

      Aku juga suka lagu sepasang kekasih yang dibawain Frau. Tapi ntuh bukan lagu Frau yakan, dia cover doang gitu.

  6. joeyz14

    March 27, 2016 at 6:10 am

    Malah jadi tau mukanya (dan jadi ubek2 youtube gara2 postingan ini) . Sering denger lagunya di radio tapi ga ngeh kalau ini Yura dari The voice Indonesia. Lagu yg kataji ini pas didenger emang asik ya walau gue ga mudeng. Anyway, nampaknya ini komen perdanaku di blogmu…salam kenal ya Aulia 😊

    1. fasyaulia

      March 27, 2016 at 10:04 pm

      Aku juga gak ngeh kalau dia keluaran The Voice, tapi pas baca artikel tentang awal mula karir nya Yura naaah baru tau deh dia jebolan sana hahaha. Salam kenal juga ya mba Jooo. Eh manggil mba atau kakak atau apa nih? hehehe

      1. joeyz14

        March 27, 2016 at 10:14 pm

        Iya seingatku yg the voice jaman di indosiar kok ga ada yg jd penyanyi terkenal ya soale aku lumayan ngikutin dulu…eh ternyata si Yura ini.

        Mbak..kak terserah asal jangan Mas aja…. *walau iyaa akohh sedikit berkhumizzzz kakakkk…hahahaha aibbb* nice to read ur blog anyway 😊

  7. kresnoadi DH

    March 27, 2016 at 10:32 am

    Abis dengerin gue langsung bilang apa yang lo tulis ‘gapapa gatau lagunya yang penting enak didenger’ :))

    1. fasyaulia

      March 27, 2016 at 10:06 pm

      Iyakan hahaha kebanyakan orang pada langsung komen gitu emang. (termasuk aku waktu di awal denger) πŸ˜€

  8. TitinTrisnawati

    March 27, 2016 at 10:39 am

    Kataji itu pake bahasa sunda gitu yaa kakFasya?? Kalo aku dengerin mungkin cuma ngangguk-ngangguk karena nggak paham liriknya #Lahhh saya jawa asli….. Etapiii, aku belum bisa move on dari lagu nya yang cinta dan rahasia, buaguussss beneerr πŸ˜€

    1. fasyaulia

      March 27, 2016 at 10:10 pm

      Iya bahasa sunda, Tin aku pun yang asli sunda gak ngerti2 amat sama bahasanya πŸ˜› waaah iya cinta dan rahasia emang bagus, nonton yang live nya di yutub deh, seru2.

  9. Uben

    March 27, 2016 at 3:27 pm

    Waanjiiir keren banget. Ini nih salah satu contoh musisi yang gak ngikuti pasar. The real of musisi. Musik sunda di jadiin jazz. Keellaaas.

    Belum denger sih. Kalo udah sampe rumah langsung gue dengerin deh.

    1. fasyaulia

      March 27, 2016 at 10:17 pm

      Keren Beeeen, cepetan denger! Jangan dijalanan aja hidupnya, pulanglah kerumah hahaha

  10. Yusuf Saktian

    March 27, 2016 at 10:46 pm

    Lagunya bagusss, sayang nggak paham bahasa sunda hehe

    1. fasyaulia

      March 28, 2016 at 10:52 am

      Aku juga gak paham2 banget kok hehehe

  11. Sastra Ananta

    March 27, 2016 at 11:10 pm

    Suaranya merdu, musiknya bagus, udah gitu cantik pula, sayang pake bahasa sunda. Aku kagak paham sama bahasa sunda -__-

    1. fasyaulia

      March 28, 2016 at 10:54 am

      Gausah dipahami, cukup dinikmati hahaha

  12. edochsan

    March 28, 2016 at 12:19 am

    Wah ini lagu sering denger klo lg macet, hehee tapi sekarang udah jarang diputer di radio lg. Btw salam kenal πŸ™‚

    1. fasyaulia

      March 28, 2016 at 10:55 am

      Iya udah jarang. Salam kenal juga ya, Edo!

    1. fasyaulia

      March 28, 2016 at 10:56 am

      Iyaaa kaya Dibah lucu aneeet :3

  13. elafiq

    March 28, 2016 at 10:08 am

    mungkin lewat lagu ini kamu sekalian curcol..
    pernah jatuh cinta pada orang yang sal… #sinyalilang πŸ˜›

  14. Rahayu Wulandari

    March 28, 2016 at 1:46 pm

    Waaa Yura. Aku baru dengerin yg cinta dan rahasia.
    Berawal dari tatap belum sih. Heheee

    Oalah. Kenapa berantem sama si anu, Sya? πŸ˜€ Jadi nggak nonton konser Yura gini kan.
    Kataji. Kereeeenn. Musiknya nagih.
    Aku apalagi. Nggak tau artinya :’D
    Tapi lagunya enak didengerin. Uwuwuww

    1. fasyaulia

      March 28, 2016 at 9:49 pm

      Banyak lagu yang enak sih dari Yura, boleh didengerin yang lainnya πŸ˜€

      Iya berantem, biasalah kehidupan~ hahaha. Sayang banget emang gak nonton huhu, cuma yoweslah πŸ˜›

  15. bersapedahan

    March 28, 2016 at 3:17 pm

    kayaknya ini lagu jazz sunda pertama ya …. alus pisan …
    saya aja bingung ngederin kata2nya … kalau ga ada teks-nya tambah susah dimengerti … hehe maklum orang sunda kw … saya yakin meskipun banyak yang ga ngerti .. tapi tetep enak banget didengerinnya … sama seperrti dengerin lagu barat . enak didengar tapi ngga ngerti apa sih artinya πŸ˜€

    1. fasyaulia

      March 28, 2016 at 9:51 pm

      Tah setuju Kang, kaya dengerin lagu barat. Gak ngerti tapi tetep didengerin hahaha. Eh sama atuh, aku juga sunda nya KW -___-

  16. suryahardhiyana

    March 28, 2016 at 6:37 pm

    Baru tahu kalau Yura Yunita dari The Voice Indonesia season 1. Nerusin tradisi ajang pencarian bakat nyanyi ya, bukan pemenang tapi lebih terkenal dari sang pemenang.
    Lagunya bagus, tapi saya ga paham, soalnya ga bisa bahasa sunda πŸ˜€

    1. fasyaulia

      March 28, 2016 at 9:53 pm

      Biasanya gitu ya mas, bukan pemenang tapi terkenal hahaha πŸ˜› sama sih aku juga gak terlalu paham, itu bahasa sundanya halus banget nget nget nget.

  17. hlga

    March 29, 2016 at 12:06 am

    adeuh, berantem sama si-anu-nya kok di skip sih~

    1. fasyaulia

      March 29, 2016 at 12:09 am

      Adeuh, pak haji kepo aja sih~

  18. ketikyoga

    March 29, 2016 at 4:06 am

    Saya cuma tau yang feat sama Glen. Glen Alinski. Emaap..

    “Jangaaaannn ….”

    Lagi blogwalking pake hape. Nanti dulu deh dengerin musiknya. Tentang cewek yang tetep terpikat meskipun cowoknya nggak serius. Hmm. Ini pengalaman Yura, kah? Haha. Kasihan. πŸ™

    1. fasyaulia

      March 29, 2016 at 10:20 pm

      Glenn Alinski. Yak bebas Yog!

      Aku gak tau itu pengalaman Yura atau bukan, bentar aku tanya dulu ya… *so kenal*

    1. fasyaulia

      March 29, 2016 at 10:21 pm

      Yeaay sekarang udah tau 😁

  19. Firdaus Keren

    March 29, 2016 at 5:27 pm

    HAHAHA KASIAN AMAT GA JADI NONTON GEGARA BERANTEM. HAHAHAHA. *kemudian menghilang*

    1. fasyaulia

      March 29, 2016 at 10:25 pm

      DIEM YA FIRDAUS YANG SUKA NGAKU NGAKU KEREN!

  20. kholis

    March 30, 2016 at 2:19 pm

    hahaha mantep, tapi saya ga ngerti soalnya gbs bhs sunda hahaha

    1. fasyaulia

      March 30, 2016 at 6:44 pm

      Aku juga gak ngerti2 amat bhs sunda hehehe yang penting enak di denger πŸ˜€

  21. adelinatampubolon

    March 31, 2016 at 4:46 pm

    benar-benar baru tau Yura walaupun sering dengar lagunya yg sekarang ama Glenn tapi wajah dan latar belakang Yura blank bangat.

    1. fasyaulia

      April 1, 2016 at 11:42 am

      Yeee skarang udah tau ya mba hehehe πŸ˜€

  22. Gustyanita Pratiwi

    March 31, 2016 at 8:17 pm

    Demi apa aku baru tau yura yunita…bukannya si gembulnita akakk
    Dan baru tau kataji itu bahasa sunda
    Wuiihhhh, berarti eksistensi dia di the voice bisa dibilang ga terlalu tenggelam ya, soale jujur aku ga tau pemenang2nya huhu

    1. fasyaulia

      April 1, 2016 at 11:41 am

      Sama mbaNit aku juga gatau siapa pemenangnya. Baru tau Yura keluaran The Voice juga pas baca2 artikel hahaha

  23. bukanrastaman

    April 1, 2016 at 8:47 am

    langsung buka youtube. hihihihihi

  24. nola

    April 1, 2016 at 9:33 am

    Yura aku juga tau pas di The Voice Indosiar :D, ehh bener kan dulu The Voice ada di Indosiar waktu pertama tayang? hihi..
    Aku juga suka banget sm si Yura ini, enak dengernya πŸ™‚

    1. fasyaulia

      April 1, 2016 at 11:39 am

      Iya the voice, gatau tayang dimana soalnya gak nonton hahaha. Setuju suaranya enak didenger 🎢

  25. muhammad erdi

    April 1, 2016 at 2:42 pm

    baru tau malah ada lagu ini, enak didenger ul, alus juga kata-katanya Gue cuma sedikit ngerti -_-
    Suaranya enak dia, gak aneh bisa diproduserin sama glen.

    1. fasyaulia

      April 1, 2016 at 4:31 pm

      Panggil Fasya aja Di hahaha. Iya suaranya enak, Glenn ga salah pilih orang. Daripada suara aura kasih yakan *eh gosip* :))

  26. Sekar

    April 1, 2016 at 4:57 pm

    wah, kayaknya penyuka musik yg ada nuansa daerahnya ya?

    1. fasyaulia

      April 3, 2016 at 9:24 pm

      Gak juga sih hehehe kebetulan aja lagu ini enak dan ternyata ada pake bhs sunda. Keren hehehe πŸ˜€

  27. Iman Lukman

    April 2, 2016 at 1:31 pm

    Waduh saya nembe terang tuh mbak Yura Yunita itu pernah ikutan The Voice, waktu tahun 2013 kalo ga salah jurinya itu armand maulana ( GiGi ) ya mbak ?

    1. fasyaulia

      April 3, 2016 at 9:24 am

      Juri nya siapa aja ya… Aku pun lupa hahaha soalnya gak nonton πŸ˜›

  28. Miftah R. Kareem

    April 3, 2016 at 6:31 am

    Baru ngeh kalau Yura jebolan de pois.
    Kemungkinan lagu dengan bahasa daerah kurang diminati sama generasi muda kayaknya karena aransemennya itu-itu aja, ya. Coba kalau dibawakan dengan aransemen yang lebih modern. Tapi juga harus dimulai sama yang muda.

    Tau Yura awalnya dari sarah sehan di net. Udah jarang nih dengerin radio…

    1. fasyaulia

      April 3, 2016 at 9:25 am

      Iya, terus emang lagu daerah kan terkesan sama “lagu2 jaman dulu”. Padahal kalau dibuat kaya lagu Kataji, bisa jadi menarik jugak.

  29. Wida Zee

    April 4, 2016 at 3:23 pm

    Aku suka banget sama yura lagu-lagunya juga enak apalagi yang berawal dari tatap duh enak bangettttttt <3<3 lrik dan musiknya pas banget deh haha. suaranya merdu lagi teh hehe

    1. fasyaulia

      April 7, 2016 at 7:32 pm

      Setuju sama kamuuuu! πŸ˜€

  30. Erwin

    April 6, 2016 at 11:56 am

    Kalo jalan ngantor suka diputerin lagunya yura di GenFM, baru tahu kalo ini orangnya, hehe

    1. fasyaulia

      April 7, 2016 at 7:34 pm

      Hehehe aku juga tau nya dari radio πŸ™‚

  31. Fajri

    April 6, 2016 at 6:57 pm

    Gk terlalu mudeng sm bahasanya, tapi asyik ajalah πŸ˜€

    1. fasyaulia

      April 7, 2016 at 7:35 pm

      Iya deh yang penting mah asik dan nikmatin! πŸ˜€

  32. cumilebay.com

    April 12, 2016 at 11:40 am

    Langsung cari di you tube ttg yura nich #SudahLuapa

Leave a Reply

%d bloggers like this: