JOGJA : Makan Apa di Jogja? #END

Tulisan terakhir dari edisi Jogja nih! Saya mau bahas beberapa makanan dan minuman yang diicip selama tiga hari di Jogja. Gak semua ya. Ini beberapa yang kejepret aja hehehe. Mohon maaf juga kalau alamat dan harga ada yang salah-salah. Gak inget banget. Ini juga dibantu temen-temen buat inget-inget 😛

Yauda, selamat membaca – sambil makan sih kalau bisa.

1. Soto Daging
Jalan… pokonya sejalanan ini banyak yang jual Soto, hahaha
Harga : soto 12k, sate ati ampela 3k, perkedel 2k, gorengan 1k

Soto daging
Soto daging

Murce amat yakan buibuk! Seneng banget deh kesini, makan berlima tambah lauk pauk lainnya gak ngabisin 100 ribu. Cihuy yakan. Untuk rasa sotonya hmm buat saya sendiri sih b aja, yaa kaya soto pada umumnya. Gatau ya kalau kata yang lain. Terus saya kelupaan bilang supaya nasinya dipisah. Jadinya disatuin gitu deh. Jadinya agak gimana ya, saya gak terbiasa hahaha. Doh gak penting banget ya persoalannya, maap. Tapi nih tapi, sate ati ampela nya empuk dan gurih bangeeeeet! Ini kalau seandainya nasinya dipisah sama kuah soto, terus nasinya pake gorengan ati ampela itu. Kayanya waktu itu saya makannya abis deh…

2. Oseng Mercon
Jalan Ahmad Dahlan

Harga : 30K

Oseng Mercon
Oseng Mercon Jogja

HEYHALO. MAKANAN APAAN NEH MON MAAP. Ini kedua kalinya makan oseng mercon di Jogja, tempatnya beda tapi masih di jalan yang sama. Waktu itu duduknya lesehan, terus tempatnya penuh banget jadi agak gengges hahaha. Nah kemarin diajakin ke tempat lain, duduknya di kursi, hore! Untuk oseng merconnya juga agak beda kuahnya sama yang pertama kali saya cobain. Komposisi yang sekarang tuh 75% cabe – 25% daging. MAKASIH LOH.

Tapi ya… Febri tuh makan sama cabe-cabenya, sama kuah-kuahnya. Nah kalau saya doyan pedes tapi cabenya gak doyan dimakan. Demikian sekilas info.

3. Ayam Goreng Mbah Cemplung
Daerah Kasihan, Bantul

Harga : Gak tau, pokoknya habis 150K untuk makan bertiga

Di hari terakhir, saya diajak makan yang super jauh dari daerah kota. Kadang-kadang punya temen suka brengsek ya hahaha udah tau laper tapi diajak makan jauh bener. Mana pas sampe ada tulisan “TUTUP” – ya Allah kesel banget gaaaaak. Tapi untung gak putus asa dan gak langsung pergi gitu aja, soalnya ternyata udah buka cuma tulisannya lupa dibalikin wkwkwk. Menunya ya standar, ayam goreng – eits tapi ini gak sekedar ayam goreng. Mantep bener rasanya, enak! Ayamnya pake ayam kampung gitu. Terus nih, sambelnya dadaknya enak! Pokoknya bukan sambel yang merah. Pas nyobain, rasanya saya pengen salim sama yang buat hahaha. Walau ayam kampung teksturnya suka agak keras pas di goreng, tapi tetep aja ini ayam dicolek sambelnya rasanya super enaaaak! Mana ayamnya segede apaan ya ampun bikin kenyang deh asli.

4. Ayam Goreng Bu Tini
Jalan Lowanu

Harga : Gak tau, pokoknya habis 210K untuk makan bertujuh

Kalau mau dibandingin sama ayam goreng diatas, ini kayanya punya rasa yang lebih enak. Jadi di Ayam Goreng Bu Tini ini pesennya ayam satu ekor utuh gitu, jadi bisa buat barengan, terus dagingnya empuk dan bumbunya nyesss ampe kedalem-dalem. Bahkan sampe dibawa pulang dan dimakan malem-malem pas udah dingin-pun masih enak aja ini ayamnya. Daebak! Saya dan temen-temen ngasih dua jempol deh buat ayam bu Tini ini, aylafyu buk! Tapi untuk saya sendiri, urusan sambel lebih suka kepunyaan Mbah Cemplung. Nah sedangkan disini, ada banyak hal yang membuat saya terganggu. Pertama, panas banget. Ya dikarenakan Jogjanya lagi panas sih, kita pun makannya semi outdoor jadi gak betah gitu selama makan. Kedua, disini detail desain meja kursinya semacam polkadot yang deket-deket gitu. Apa ya namanya, itulah pokoknya. Duh nulis beginian langsung gatel-gatel ngebayangin 🙁

Nah karena kedua hal barusan, saya gak sempet motret ayam goreng Bu Tini yang enak itu. Maafkan. Dan kayanya saya gakmau kesana lagi deh kecuali gofood kali ya hmmm.

5. Tempo Gelato
Jalan Prawirotaman dan Jalan Kaliurang

Harga : 20K (cup), 25K (cone)

Tempo Gelato
Tempo Gelato

Kedua kalinya kesini dan kedua kalinya juga gak ngerasa nyaman. Jajan eksrim disini beneran cuma untuk beli, foto, terus pulang deh. Selain karena saya gak pernah kebagian tempat duduk, tapi memang duduk pun penuh sesak gitu karena manusia yang super banyak. Huaaaaa lelah hayati.

6. Es Dawet
Depan Jogja Nasional Museum

Harga : 4K

Es Dawet
Es Dawet

Waktu ke Jogja kemarin, cuacanya lagi panas. Sehabis keliling dari Art Jog 2018, saya  nengok keluar ada es dawet whaaa kayanya seger gitu yakan. Udah bahagia sayanya. Ini pertama kalinya saya nyobain es dawet hahahahahahaha norak. Terus pas dicoba hmm kok gini rasanya. Akhirnya saya gak ngabisin es dawetnya karena ngerasa gak terlalu suka. Tapi eh tapi, pas di Bandung saya coba icip es dawet seharga 5K, dan ternyata enaaaaak. Beda rasanya sama yang di Jogja. Mungkin selera saja aja kali ya ini hahaha entahlah. Soalnya saya jajan es kelapa muda di Bandung dan Jogja pun, enakan di Bandung hmmmm 😀

——————-

Gimana kalian udah nyobain yang mana aja? Maaf ya kalau informasinya seadanya, maaf juga fotonya begitu doang. Cuma jepret dari hp dan buru-buru. Laper kayanya ya hahaha. Anyway, dengan ini saya nyatakan bahwa semua tulisan edisi Jogja 2018 sudah selesai dipublishhhh! Terima kasih sudah membaca. Saya jadi seneng.

  1. Hendri's Blog

    June 20, 2018 at 5:59 pm

    Soto daging yg enak itu di depan bekas terminal umbulharjo sekarang jadi taman jajan, lupa juga namanya..😊

    Kalau pagi hari rame banget orang pada makan disana..

    Jogja gudangnya kuliner…

    Jadi kangen maen ke Jogja…

    1. fasyaulia

      June 21, 2018 at 11:02 am

      Iya ini juga rame banget pagi2 tuh. Sayangnya sama2 lupa daerah apa hahaha

      1. Hendri's Blog

        June 21, 2018 at 9:59 pm

        Aku ingat sekarang, soto daging depan XT Square (eks terminal umbulharjo)..

        Jogja gudang kuliner…

        Jadi semakin kangen ke Jogja lagi..

  2. Suci Su

    June 20, 2018 at 11:20 pm

    Memang salah saya sendiri baca ini malem-malem 🙁
    Lafar.

    Ngomong-ngomong itu merconnya enggak duar-duar(?) di perut? 😂

    1. fasyaulia

      June 21, 2018 at 11:03 am

      Duar duar di tenggorokan sist 😂

  3. Bageur Al Ikhsan

    June 21, 2018 at 1:21 am

    Fix ini otomatis masuk ke dalam halaman yang harus ku-bookmark! Buat pedoman di Jogja huahaha.

    1. fasyaulia

      June 21, 2018 at 11:03 am

      Kamu harus cek kategori “keluar bandung” di blog ku supaya keliling jogja dengan seru! *sosoan* 😁

  4. wirawarawiri

    June 21, 2018 at 7:20 am

    aku kangen angkringan sama kopi joss, juaraaaa

    1. fasyaulia

      June 21, 2018 at 11:04 am

      Wah iya itu Jogja banget yaaa 😁

  5. Mydaypack

    June 21, 2018 at 8:09 am

    cuma ayam goreng mbah cemplung nih yang belum sempet saya coba hihiii

    1. fasyaulia

      June 21, 2018 at 11:04 am

      Cobain dong. Sambelnya favorit acuuuu ❤

      1. Mydaypack

        June 21, 2018 at 1:05 pm

        yang jelas bukan rasa yang pernah ada … ahahaa

  6. Desfortin

    June 21, 2018 at 8:18 am

    Wah, yg nomer 2 ada2 aj namanya, haha….

    Sy sih udah prnah nyoba dawet aj, tp d sini sj, gak di Jogja 🙂

    1. fasyaulia

      June 21, 2018 at 11:05 am

      Haha tapi di Jogja banyak banget oseng mercon mas

      1. Desfortin

        June 21, 2018 at 11:43 am

        Coba klau mercon bneran yg dioseng, jd gmn ya? 😀

  7. Diffa Imajid

    June 21, 2018 at 2:12 pm

    lebaran heula atuh euy ka eikeu

    1. fasyaulia

      June 21, 2018 at 4:43 pm

      Wkwk maap lahir batin cyyyn

  8. Nu Na

    June 22, 2018 at 10:30 am

    Ga pernah makan oseng merecon dan baru ini liat bentuknya macam apa

    1. fasyaulia

      June 23, 2018 at 1:38 pm

      Ya cabe sama daging aja pokoknya hahaha

  9. Gallant Tsany Abdillah

    June 25, 2018 at 8:06 pm

    Wah ena semua. Es dawetnya seger. Kali lain minta Febri ajakin ke Mie Ayam Bu Tumini. Sahih!

    1. fasyaulia

      July 5, 2018 at 6:36 am

      Minta diajakin, dibayarin, dianter pulang, ditraktir yang lain. Gitu kalau aku. Wkwk. Makasi rekomen nya!

  10. febridwicahya

    July 3, 2018 at 10:36 pm

    Oseng mercon adalah cemilanku sehari-hari

    1. fasyaulia

      July 5, 2018 at 6:36 am

      Kirain cemilannya ngedit skripsi 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: